SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TAHUN 2020
Survei Kepuasan Masyarakat merupakan kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik dengan tujuan untuk mengetahui kelemahan atau kekurangan dari masing-masing unsur dalam penyelenggara pelayanan publik dan untuk mengetahui kinerja penyelenggara pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit pelayanan publik secara periodik.
Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, setiap penyelenggara pelayanan publik, baik yang memberikan pelayanan kepada masyarakat secara langsung maupun tidak langsung wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan standar pelayanan untuk setiap jenis pelayanan sebagai tolak ukur dalam penyelenggaraan pelayanan di lingkungan masing- masing.
Kantor Kecamatan Diwek sebagai salah satu penyelenggara pelayanan publik menetapkan dan menerapkan Standar Pelayanan Publik untuk setiap jenis pelayanan. Standar Pelayanan Publik ini yang nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat untuk masing-masing pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kantor Kecamatan Diwek.
Berdasarkan hasil analisa pada hasil pengukuran terhadap Survei Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Diwek dapat ditarik kesimpulan bahwa secara umum IKM unit layanan mengalami kenaikan dari predikat baik menjadi sangat baik Indeks Kepuasan Masyarakat tahun 2019 sebesar 87,57 (baik) meningkat menjadi 91,60 (sangat baik) pada tahun 2020. Angka tersebut menunjukkan penerima pelayanan Kantor Kecamatan Diwek Sangat Puas atas pelayanan yang diberikan. Selain itu terdapat penambahan penilaian SKM untuk layanan di Kantor Kecamatan Diwek yaitu pelayanan SKCK dan pelayanan mutasi/pindah kependudukan.
Berikut disajikan hasil nilai SKM pada tahun 2019 dan tahun 2020 :
| No | Jenis Layanan | 2019 | 2020 |
| 1. | KTP | 78,84 | 91,11 |
| 2. | KK | 80,06 | 89,36 |
| 3. | SKCK | - | 92,58 |
| 4. | Mutasi / Pindah Kependudukan | - | 93,34 |
| IKM Unit Layanan | 87,57 | 91,60 | |